Tuesday, May 11, 2010

GEMERLAP KUNANG-KUNANG

Kampung Yak-Yah,Kemaman Terengganu sememangnya terkenal sebagai tempat kunang-kunang berkumpul di malam hari.Memperhatikan kunang-kunang merupakan salah satu aktivitas utama di sini.Kagumi keindahan gemerlap kunang-kunang yang mempesona di sini!


  Gemerlapan kunang-kunang di malam hari


Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96%.


 Kunang-kunang

Kunang-kunang, yang memancarkan sinar untuk saling mengenali atau untuk memberi tanda kahwin, menggunakan panjang gelombang sinar yang berbeza, tergantung pada spesiesnya. Selain itu, pada beberapa spesies, kunang-kunang jantan yang mula-mula menyorotkan sinar untuk menarik sang betina, sementara pada spesies lainnya, sang betina yang “memanggil.” Sebagian kunang-kunang menggunakan cahaya mereka untuk mempertahankan diri. Mereka mengeluarkan sinar sebagai tanda pada musuh bahwa mereka bukan makanan yang lezat.


Tips

Pastikan anda berdiam diri ketika memperhatikan kunang-kunang disini dan anda pasti dapat mengagumi keindahan pemandangan ini!




Ribuan kunang-kunang berkumpul di kawasan paya bakau yang luas ini, terutama disekitar pohon-pohon Berembang. Serangga ini tidak berbahaya sama sekali dan pengalaman melihat kunang-kunang ini untuk yang pertama kali pasti tidak dapat dilupakan! Berkunjunglah ke Kampung Yak-Yah dan saksikan sendiri keindahan kunang-kunang di sini.